Keluarga: Sebuah Tempat Kita Bermula

Dulu kita adalah seorang bayi.

Bisa dipastikan dalam beberapa rentang waktu ke depan pascalahir, sampai kita menginjak bangku sekolah dan menerima beragam pengalaman yang kemudian mengendap menjadi memori, kita tidak bisa mengingat banyak hal kecuali sedikit saja. Kadang dari cerita orang, kadang dari sepotong gambar bisu yang disebut foto (pengecualian untuk generasi yang lahir berorangtuakan kaum milenial).

Pada celah-celah ingatan kita akan masa kecil, terselip memoar sepasang insan yang kemudian kita kenal sebagai ayah dan ibu. Karena merekalah kita lahir ke dunia ini. Mereka juga yang mengurus kita sedari kecil sampai dirasa mampu untuk menjadi pribadi yang mandiri.

Sampai kita pun menjadi seperti mereka: berkeluarga.

Kemudian sejarah seolah kita setir balik dan mengulangi potongan-potongan yang pernah kita alami. Bedanya, kini kita menjadi pelaku yang memungkinkan mengubah sejarah dengan kesadaran penuh.

Sekarang, di samping saya ada seorang anak kecil. Di sampingnya lagi ada seorang perempuan. Saya sudah berkeluarga. Ada mereka yang harus saya perjuangkan.

Dengan style yang bagaimanapun, tangan mereka tidak boleh saya lepas. Kami harus selalu bersama. Berjalan bersama, berlari bersama, dan tumbuh bersama. Inilah lingkaran terkecil di mana kami membangun kesadaran-kesadaran awal dalam menjalani kehidupan secara bersama. Di lingkaran ini kami mengkaji setiap apa yang dihadapi dalam kehidupan, demi kemaslahatan bersama. Hingga pada akhirnya, yang akan terus kami lakukan bukan saja hanya untuk keluarga kami sendiri, tapi juga untuk keluarga-keluarga yang lain.

Kita harus menyemai kebermanfaatan dan memanennya untuk masa depan yang lebih baik lagi. Tidak hanya di sini, di dunia ini. Tapi juga untuk kehidupan nanti yang kekal, di akhirat sana.

Dan, semuanya bermula dari keluarga yang kita bangun sendiri.

Advertisements

Ingin mengatakan sesuatu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s